Bahasa indonesia 3

28 Jul

Berbicara

 

Menceritakan Pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif

Tidak ada pengalaman yang sia-sia. Pengalaman adalah guru terbaik.

Cerita pengalaman adalah cerita yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung) seseorang. Menceritakan pengalaman adalah kegiatan menyusun dan menceritakan kembali hal-hal yang pernah dilakukan, peristiwa berkesan yang pernah dilihat, dan perasaan tertentu yang pernah dirasakan.

Informasi dalam cerita pengalaman disusun berdasarkan urutan waktu yang memperlihatkan hubungan kejadian atau peristiwa yang telah lalu.

Latihan!

Ingat-ingatlah beberapa     pengalaman yang menurutmu menarik dan tak terlupakan! Pengalaman itu dapat     berupa pengalaman lucu, unik, konyol, atau sedih. Pilihlah dari salah satu     pengalaman yang menurutmu paling menarik, kemudian buatlah kerangka     karangannya dan kembangkan agar menjadi cerita yang menarik!

Selain itu, isi cerita pengalaman juga dapat ditambahkan dengan komentar dan tanggapan terhadap kejadian atau peristiwa yang diceritakan.

Salah tempat wisata

Pada suatu hari, aku dan keluargaku pergi menuju tempat penginapan yang dikatakan bagus yaitu sebuahhotel yang cukup mewah. Di pertengahan jalan kami melihat sebuah plang di jalan yang bertuliskan “Taman Wisata Batu Qur’an”. Kami mengira tempat itu menarik. Kemudian kami pun masuk. Tiba-tiba kami melihat ada kerumunan orang di sebuah musholla di situ. Kami pun ikut masuk dan mendengarkan.

اَسْتَغْفِرَالله, ternyata itu adalah tempat kesyirikan! Karena kaget dan merasa asing sebagai orang yang ber-aqidah tauhid, kami langsung meninggalkan tempat itu. Sungguh suatu pengalaman yang tidak terlupakan

Tinggalkan komentar